Sabtu pagi nan cerah itu ribuan kar yawan JAPFA dan perusahaan afiliasinya berbondong-bondong memadati area seluas tiga lapangan sepakbola di tepi Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, tersebut. Mereka mengajak suami, istri, anak-anak, orangtua, dan kerabat untuk memeriahkan acara JAPFA Fun Festival yang digelar pada 20 Mei 2017 itu.

Total tercatat sekitar 8.500 orang datang dari Jabodetabek dan kota lain tempat Grup JAPFA membuka cabang, seperti Lampung, Cirebon, Sidoarjo, dan Makassar, bahkan dari Myanmar. Tak begitu mempedulikan udara panas yang menerpa wajah, mereka mengantre dengan sabar di depan loket untuk mendapatkan goody bag. Selepas pintu gerbang, mereka diajak memasukkan kupon doorprize untuk memenangkan 500 item hadiah.

Keakraban Keluarga Besar

Acara ulang tahun perusahaan kali ini mengusung tema “JAPFA Coloring the World” memang istimewa. Tahun- tahun sebelumnya, menurut Ketua Panitia JAPFA Fun Festival Hari Bhakti, ulang tahun per usahaan yang jatuh pada 18 Januari selalu diperingati dengan employee gathering.

Namun untuk kali per tama, perusahaan berjargon “Berkembang Bersama Menuju Kesejahteraan” ini menghelat family gathering yang meriah melibatkan para petinggi, kar yawan, beser ta juga keluarga mereka. Bahkan tokoh JAPFA nomor satu, Handojo Santosa, menyempatkan hadir ditemani Tang Young Nang, Executive Director & CEO JAPFA.

“Tujuannya untuk menciptakan keakraban per usahaan dengan kar yawan dan keluarganya. Kami juga ingin memperlihatkan prestasi dan besarnya JAPFA kepada mereka. Ya sebagai wujud persembahan per usahaan untuk kar yawannya atas sumbangsih mereka,” jelas Hari.

Acara hari itu dibuka secara resmi oleh Preskom JAPFA H. Syamsir Siregar dengan melepas balon berwarna oranye sesuai warna perusahaan JAPFA. MC yang dipercaya membawakan acara adalah artis Vincent Rompies dan Hesty Purwadinata.

Empat Zona Tampaknya tujuan perhelatan ini jelas tercapai. Kegembiraan terpantul dari rona wajah, celoteh, dan tingkah anak-anak yang menikmati berbagai permainan. Mulai dari futsal, flying fox, komidi putar, perosotan, hingga trampolin. Banyak pula yang mengikuti lomba menggambar. Tak ketinggalan gaya hidup kekinian mereka berselfie dan wefie ria di photo booth.

Area Fun Festival dibagi menjadi tiga: zona permainan, zona pameran, dan zona festival. Dekat pintu masuk, pengunjung yang ingin mengetahui potret bisnis JAPFA bisa memasuki “lorong waktu”. Di sanalah sejarah perkembangan produsen pangan protein hewani ini dimulai dari Java Pelletizing Factor y di Surabaya pada 1975. Terus tumbuh hingga sekarang menjadi perusahaan kelas dunia yang sudah merambah India, Vietnam, China, dan Myanmar.

Produk industri terintegrasi ini pun tak hanya unggas, tapi juga sapi potong, sapi perah, dan barang konsumen (consumer goods). Anak per usahaan dan afiliasi beser ta produknya tampil di zona pameran. Mereka juga membagi-bagikan contoh produk untuk sekadar icip-icip. Ada susu segar, daging sapi, juga tak ketinggalan mayonais.

Edukasi tentang gizi kepada para pengunjung juga diselipkan melalui talk show gizi yang menghadirkan dokter a li gizi. Pun terkait kuliner, panitia menghadirkan Chef Ragil yang kondang dalam acara masak besar. Kali itu sang Chef memasak daging ayam dan daging kambing.

Untuk lebih memeriahkan acara, di setiap zona ada panggung yang menghadirkan beberapa band karyawan. Di zona festival, tampil pesulap wanita, Jennifer Aiko yang melibatkan penonton dalam aksinya.

Hadiah Kejutan

Sebelum puncak acara hiburan, panitia mengundi doorprize. Setelah beberapa hadiah meluncur, Pak Han, begitu sapaan Direktur Utama JAPFA, naik panggung bersama Tan Yong Nang.

Tadinya doorprize terbesar adalah tiga unit sepeda motor. Ternyata Pak Han dan Pak Tan memberikan hadiah yang benar-benar kejutan ber upa dua unit mobil Honda Brio. Satu kar yawan dari PT Agrinusa Jaya Santosa dan satu karyawan PT Intan Kenkomayo Indonesia menjadi pemenang yang ketiban rezeki nomplok. Tibalah penampilan Band Gigi yang ditunggu-tunggu. Melantunkan 14 lagu, Armand Maulana menghibur penonton. Para penggemarnya berjubel di depan panggung sembari ikut menyanyi bersama dan merekam aksi panggung Gigi.

Seluruh keramaian hari itu diakhiri dengan bertaburnya serbuk berwarna-warni, Holly Color, ke angkasa. Selamat ulangtahun JAPFA. Ter uslah berkembang menuju kesejahteraan bersama dan mewarnai dunia.