Categories
Blog

Bekasi salah satu tulang punggung industri otomotif Indonesia

Kabupaten Bekasi Jabar luasnya 1.225 kilometer persegi ini adalah salah satu tulang punggung industri otomotif Indonesia. Praktis mayoritas wilayah penyangga Ibu Kota di sisi timur ini dipenuhi berbagai industri.

Termasuk industri yang terkait otomotif. “Bolehlah disebut kalau banyak mobil ataupun motor yang dijual di Indonesia itu made in Bekasi,” buka Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Drs H. Uju M.Si ditemui di kantornya di Cikarang Pusat (26/4). “Namun kami juga berupaya agar masyarakat kabupaten ini pada khususnya dan juga masyarakat pada umumnya tidak hanya jadi penonton dari dinamika industri itu,” tegasnya.

Apa yang hendak dilakukan oleh Pemkab Bekasi? Pertama, mengupayakan penyerapan tenaga kerja lokal di batas angka minimal 30 persen. Kedua, Kabupaten Bekasi juga menseriusi ‘wisata industri’. pihaknya juga tengah merancang kesempatan untuk memberikan edukasi soal industri dan teknologi kepada masyarakat luas.

“Nanti, kalau bidang otomotif, masyarakat bukan tahunya hanya pakai saja,” jelas H. Uju serius. “Pasti akan banyak manfaatnya buat masyarakat maupun para siswa untuk mengetahui perkembangan teknologi pengolahan termasuk (bidang) otomotif,” pungkasnya.